Jumat, 14 Mei 2010

curhat panjanglebar - untuk pertama kalinya (atau mungkin kesekian kalinya?) saya kecewa dengan orang-orang di sekitar saya :'(

Entah kenapa rasanya sulit banget buat gue ngomong mengungkapkan pikiran, pandangan, atau perasaan gue ke orang lain. Gue masih nyari jawabannya, dari dulu sampe sekarang, masih belom ketemu juga apa alasan dan penyebabnya. Mungkin banyak orang yang berpendapat kalo sikap gue pengecut, payah, memble, dll. Yaaaah, terserah apa kata orang deh ya, tapi sekarang coba tanya diri masing-masing aja deh, bisa ga kita mengungkapkan semua yang ada dalam diri kita dengan mudah dan lancar kayak air mengalir? Kalo pun bisa, coba introspeksi lagi; apa bener hal itu yang bener-bener pengen kita sampaikan dan kita pengen orang lain untuk tau dan melakukan sesuatu buat kita? Hmm, kalo dari diri gue sendiri sih, selama ini gue cuma mendem terus diem deh. Kalo udah begitu, jadi kayak patung (apa zombie?) dan ga ada yang ngajak ngomong deh. Sejahat itukah? Ga juga sih, tapi sekarang dipikir aja. Mana ada orang repot-repot nanyain orang yang lagi diem aja, ngapain juga coba? Zzzzzz...-_-"a

Setelah gue pikir-pikir lagi, gue bukan pengecut kok. Gue berani mengemukakan apa pikiran, pandangan, dan perasaan gue sendiri, meskipun caranya bukan langsung alias "face to face." Gue merasa lebih nyaman aja buat nulis surat (walaupun males setengah mati) atau ngetik di blog (ya kayak sekarang ini nih), soalnya gue tetep bisa "buang beban" sekaligus dapet respon tertunda dari orang yang bersangkutan atau dapet solusi secara perlahan. Nah, berhubung opening-nya udah kepanjangan (dan takutnya malah jadi ngalor-ngidul), let's talk about the story. And the story goes...

Question: "Kenapa sih, kok kayaknya gue ga bisa kayak orang lain. Maksudnya, kenapa gue pacaran tapi ga bisa kayak cerita-cerita pacarannya orang-orang kebanyakan yang simple-simple aja, ga banyak hambatan, bahkan ga ada urusannya sama yang namanya orang tua ga setuju, iya kan?"

Beberapa hari ini pertanyaan itu selalu aja melintas lagi-lagi-dan lagi, entah untuk keberapa kalinya, apalagi setiap gue ngeliat orang-orang di jalan dan di kampus atau pasangan selebritis (yang pacaran, bukan yang udah nikah) di infotaiment. Mereka kelihatannya seneng-seneng aja tuh sama cerita cinta mereka, bahkan kalo orang tuanya udah setuju sama hubungan mereka. Sampe ngiri banget gue ngeliatnya.

Gue selalu ngerasa miris kalo inget sama orang tua sendiri. Bukan berarti gue ga menghormati orang tua (gue tetep masih inget sama surga, neraka, dan kualat kok!), tapi kadang gue kecewa aja sama sikap mereka yang seakan-akan ga setuju sama apa yang gue pilih.

Kita ga usah ngomongin masa lalu ya, apa yang terhadi sekarang aja. Jadi sekarang ini ceritanya gue lagi deket sama seseorang. Laki-laki. Gue takut banget mau cerita sama orang-orang rumah, ga bakal gue ceritain sekarang soalnya di akhir cerita bakal ketauan sendiri alesannya gue ga berani ngomong.

Pada awalnya gue cuma cerita sama sahabat dan beberapa temen gue aja, minta pendapat atau wejangan lainnya yang belom bisa gue dapetin dari keluarga gue. Lama-lama, gue ga bisa terus-terusan ga cerita sama keluarga, apalagi sama ibu (berhubung gue adalah orang yang sangat kikuk dan gampang ketauan kalo lagi mendem sesuatu). Nah, akhirnya gue memberanikan diri untuk bilang sama ibu (setelah sebelumnya udah ketauan duluan dan ditanyain ke gue. See?) kalo gue lagi deket sama dia. Terus ibu nanya: "Muslim ya? Orang Sunda?" Dan disinilah bagian konfliknya.

Gue ga bermaksud nyinggung-nyinggung agama atau suku tertentu. Gue juga yakin ibu ga punya maksud yang jelek juga, tapi sampe sekarang gue juga masih ga tau kenapa responnya begitu. Ga lama, bapak akhirnya juga tau gara-gara gue ngajak dia ke rumah. Gue pikir emang begitu seharusnya, ibu pernah bilang kalo pacar harus diajak ke rumah biar pada tau orangnya. Tapi yang ada rasanya malah tambah runyam; ga ada satu pun orang rumah yang ngajak ngobrol, bahkan ngajak kenaln pun nggak! Apa sih maksudnya? Ga suka? Pengen cepet-cepet orangnya pulang alias "pengusiran terselubung"? Siapapun kalo digituin pasti ngerasa ga enak dan pasti langsung pamit pulang kan? Aduh aduuuuuuuuh...-_-"

Jadi, waktu tiba-tiba gue bilang sama ibu kalo udah putus, responnya begini: "Putus? Emangnya kemaren udah pacaran?"
For God sake, gue ngerti kalo ibu suka banget bercanda. Tapi buat yang ini gue ga pengen bercanda. Gue ngomong serius dan tanggapannya begitu, makin males dan kecewa aja sama sikap orang rumah. Bahkan bapak, yang tadinya iya-iya aja, akhirnya juga nanya hal yang sama (soal keyakinan) dan bilang kalo bisa seagama aja. Waduh, lagi-lagi soal itu, ga ada yang lebih penting apa ya? Oke, hal itu emang penting, tapi menurut gue ada hal yang jauh lebih penting daripada cuma ngomongin agama, suku, atau hal-hal beda lainnya dibandingin sama hal-hal yang gue punya.

Gue lahir ke dunia ga milih untuk jadi orang Jawa, atau beragama Katolik, atau dari status ekonomi menengah. Gue bahkan ga milih siapa yang jadi orang tua gue, gue juga ga milih mau dilahirkan apa nggak. Semua terjadi gitu aja kan, jadi buat apa dipermasalahkan?

Gue percaya, di dunia ini cuma ada orang jahat dan orang baik. Selain itu, ga ada perbedaan di antara manusia (inget film "My Name Is Khan"?). Gue suka sama perbedaan. Gue sangat menghargai apapun agama dan suku seseorang. Gue yakin, ga ada agama yang ngajarin kejahatan atau keburukan pada penganutnya. Mungkin ada beberapa tradisi suku tertentu yang kadang "nyeremin" atau gue ga suka, tapi bukan berarti gue menjelek-jelekan tradisi itu. Buat gue, justru hal itu jadi salah satu ciri khasnya.

Mungkin gara-gara saking gue membuka diri pada keragaman, bapak sama ibu takut kalo gue bakal terpengaruh atau "keseret-seret" masuk ke kelompok tertentu, terutama soal agama. Mungkin mereka punya sejuta atau semilyar pertimbangan mengenai diri gue, sebagai anak mereka. Gue ga bilang suatu tradisi suku atau agama ajarannya paling sempurna. Gue tau kok beberapa tradisi suku dan ajaran agama tertentu, dan menurut gue baik-baik aja. Yang sering jadi permasalahan tuh di bagian penghayatan masing-masing orang, iya ga? Gue ga bilang agama gue sempurna, ada beberapa ajaran yang gue ga suka. Tapi hal itu ga berarti gue bakal pindah agama atau jadi ateis. Gue nyaman kok dengan agama gue sekarang, demikian juga soal suku.

Sebenernya, gue ga suka dengan persamaan atau perbedaan yang terlalu banyak. Kalo orang berpendapat "Pacaran ato nikah sama yang 'sama', kalo nggak ntar banyak berantem lho," mungkin ada benernya. Tapi dari sudut pandang gue, kesamaan ga bisa jadi jaminan jangka waktu berjalannya hubungan. Emang dalam agama gue ga boleh cerai, kecuali oleh kematian. Gue suka kok sama ajaran itu, "sepasang untuk seumur hidup," tapi apa terus artinya di agama yang memperbolehkan cerai orang bakal seenaknya menyalahgunakan ajaran? Gue emang belom kenal betul tentang orang ini sama seperti keluarga gue. Kenapa kita ga sama-sama nyoba mengenalnya sih, daripada bersikap sinis yang ga jelas?
Kali ini gue sakit hati beneran....

Satu gambaran yang cukup jelas adalah kehidupan orang tua gue. Hidup bersama 22 tahun, 3 anak, beragama sama dan ga boleh cerai, ternyata ga jadi jaminan hidup jadi lancar-lancar aja. Jujur keluarga gue bukan keluarga sempurna. Hidup yang terlalu mulus tanpa hambatan dan konflik bersama pasangan udah pasti membosankan setengah mati, tapi kalo kebanyakan ribut gara-gara beda pendapat dan persepsi juga ga enak kan? Itulah yang terjadi; buat apa sama keyakinan kalo ujungnya ga bisa saling memahami dan ngomong hati-ke-hati buat nyari solusi bersama? Hal ini yang sejauh ini gue dapet dari dia; kami bisa saling ngerti dan saling menghormati, kami bisa mengatasi konflik secara baik-baik, bukan sampe musuhan berhari-hari atau berminggu-minggu. I know people do change, tapi seenggaknya kita bisa saling mengingatkan dan mendengar saran pasangan yang sekiranya baik buat diri kita.

Kritik-kritik "tajam" juga muncul dari beberapa temen yang seakan-akan bilang kalo gue segitu gobloknya berhubungan sama orang itu, sementara sahabat gue cuma bilang "Sabar ya Fin..."

Ada satu temen yang bilang "Sebisa mungkin kita mesti ngejaga biar pacar image-nya baik di mata temen." Gue sekarang berusaha supaya dia terlihat baik di depan temen-temen dan keluarga gue, dan sebisa mungkin keluarga dan temen-temen gue juga baik di mata dia. Entah apakah emang seharusnya kayak gini atau nantinya bakal nyakitin gue juga, gue ga tau.

Atau, jangan-jangan permasalahannya adalah gue dan keluarga sama-sama ga menyamakan persepsi? Saluran komunikasi yang seolah-olah tertutup? Hmm, bisa jadi. Sampe sekarang keluarga belom ada yang tau kalo gue masih (dan pengen tetep) jalin komunikasi sama dia. Gue bener-bener ga peduli omongan "nyelekit" yang selalu dilontarkan bapak-ibu, kakak-ade, tante-tante, sepupu-sepupu dan temen-temen gue lagi. Ucapan-ucapan mereka udah terlanjur bikin gue sakit hati, tersinggung dan kecewa berat. Gue ga pernah punya kesempatan buat mengambil sikap, dan sekarang gue memaksakan diri untuk mengambil sikap, dengan atau tanpa persetujuan mereka.

Maaf ya, bapak-ibu. Untuk sekali ini aja, biar aku ngambil jalan aku sendiri dan meyakini apa yang aku percaya.